Sabtu, 03 September 2016

WISATA LAVA BANTAL YOGYAKARTA, WISATA LAVA BANTAL DAN EMBUNG TEGAL TIRTO DI YOGYAKARTA, PAKET WISATA KE LAVA BANTAL YOGYAKARTA, KEINDAHAN YANG MEMPESONA DI KEAJAIBAN LAVA BANTAL DI YOGYAKARTA

PESONA LAVA BANTAL YOGYAKARTA, KEINDAHAN LANGKA YANG MEMPESONA

WISATA SEJARAH YOGYAKARTA : LAVA BANTAL SLEMAN

TEMPAT PENELITIAN YANG UNIK : WISATA LAVA BANTAL DAN EMBUNG TEGAL TIRTO






Wisata Geopark Lava Bantal yang berada di aliran sungai Opak , Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Di lokasi ini siapapun yang datang akan dimanjakan dengan suara gemericik aliran sungai berhulu di kaki Gunung Merapi itu. Sepintas nama Lava Bantal terdengar aneh. Bagaimana tidak, lava yang merupakan cairan larutan magma yang keluar dari inti bumi melalui gunung berapi disandingkan dengan bantal yang terkesan empuk. Pemilihan nama ini tak lain lantaran bentuk batuan yang ada di lokasi tersebut bergunduk menyerupai tumpukan bantal dari bekas aliran lava yang mengeras sejak jutaan tahun lalu.
Selain aliran air sungai yang bersanding dengan tumpukan batuan lava, pengunjung yang datang di lokasi ini juga disajikan pemandangan hamparan padang rumput yang cukup luas. Biasanya, padang rumput ini dimanfaatkan warga sekitar untuk menggembalakan ternak mereka seperti sapi dan kambing. Tumpukan batuan vulkanik yang unik untuk dijadikan latar belakang foto pribadi membuatnya betah berlama-lama di lokasi ini. Dengan Suasananya masih asri, udaranya juga segar berbeda di wilayah perkotaan. Bahkan aliran air yang mengalir melewati batuan vulkanik ini membuatnya rileks. Di sini view-nya bagus, lain dari lokasi wisata lainnya. Apalagi jauh dari kebisingan sehingga cocok untuk relaksasi. info wisata 081904169982 / BBM 5513A5A6
Klik Juga :
Aliran sungai Progo yang melewati LAVA BANTAL bisa juga sebagai area Arum Jeram Ban yang menyenangkan seperti masa - masa indah kecil dulu
Lava Bantal menjadi obyek wisata alam yang unik, Lava Bantal juga seringkali dijadikan obyek penelitian untuk kepentingan studi. Keunikan batuan lava di aliran Sungai Opak itu lantaran terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang membeku kontak langsung dengan air dan menyebabkan mineralnya membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Usia pembentukan Lava Bantal sendiri diperkirakan sudah lebih dari 30 juta tahun lalu. Banyak yang datang untuk penelitian di sini sekedar tugas maupun Survey sederhana.
Tidak cuma pemandangan dan penelitian juga bisa untuk bercebur dengan ban menikmati derasnya air sungainya.


Setiap hari bisa ada puluhan orang yang datang. Kalau sedang hari libur, pengunjung bisa mencapai ratusan orang jika hari Libur. Rencana kedepan LAVA BANTAL ini sudah masuk dalam daftar sembilan obyek wisata yang akan dikembangkan oleh Pemda DIY. Bila sudah terkelola dengan baik, maka diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga di sekitar Lava Bantal seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan.

Kawasan Wisata Lava Bantal


Sebelum ditetapkan sebagai salah satu situs Geoheritage di DIY, lava bantal di Berbah yang terletak di Kali Opak perbatasan Desa Jogotirto dengan Desa Kalitirto Kecamatan Berbah Sleman ini dulunya sering dijadikan tempat pembuangan sampah liar. Namun kini sampah liar itu sudah berkurang. INFO WISATA 08156504380 / BBM 5513A5A6
Lava bantal memiliki arti penting sebagai konstruksi awal gunung api tua yang terjadi di laut, pra erupsi super. 
Situs tersebut juga merupakan produk gunung api purba bawah laut. 
Saat ini, kondisi di atas lava bantal tidak ada vegetasi, hanya saja tumbuh semak belukar dan sering dijadikan tempat pembuangan sampah liar.

Jembatan Penghubung LAVA BANTAL dan Embung Tegal Tirto, spot yang bagus untuk menikmati keindahan wisata Geopark LAVA BANTAL
Selain menjadi obyek wisata alam yang unik, Lava Bantal juga seringkali dijadikan obyek penelitian untuk kepentingan studi. Keunikan batuan lava di aliran Sungai Opak itu lantaran terbentuk dari lelehan lava Gunung Merapi yang membeku kontak langsung dengan air dan menyebabkan mineralnya membentuk geometri mirip tumpukan bantal, sehingga masyarakat sering menyebut wisata lava bantal. Lava bantal memang akan dijadikan sebagai kawasan wisata terpadu. Dimana lava bantal akan menyatu dengan embung Tegaltirto dan Desa Jogotirto. Pembangunan embung yang sempat terhenti pada 2013 yang lalu disebabkan adanya situs lava bantal.
kLIK jUGA : 
EMBUNG TEGAL TIRTO
Tak jauh dari kawasan Geopark LAVA BANTAL ada tempat yang menarik juga yaitu Embung Tegal Tirto ini merupakan sebuah kolam raksasa yang dibangun oleh Pemerintah  Sleman tepatnya di daerah Berbah. Embung ini di bangun di atas lahan kritis yang tepat berada di tepi aliran Sungai Opak. Pembangunan embung ini bertujuan agar embung ini berfungsi sebagai daerah konservasi air dan dapat memulihkan kondisi lingkungan yang kritis. Di samping aliran sungai opak yang berhulu di Gunung Merapi. Untuk menuju embung ini, rute yang paling mudah adalah dari area lava bantal berjalan menyusuri jalur pipa yang ada di dekat jembatan baru hingga tiba di lokasi.

Embung Tegal Tirto Dan Sejarahnya

Embung Tegal Tirto yang dibangun sejak tahun 2012 ini diresmikan oleh Bupati Sleman, Bapak Sri Purnomo pada tanggal 15 Maret 2014. 
Dengan luas kurang lebih enam ribu meter persegi dan berlokasi di Dusun Candirejo, Desa Tegaltirto, Kecamatan Berbah, embung ini dimaksudkan untuk keperluan irigasi 65 hektar sawah di sekitar Kecamatan Berbah.
Sejauh ini embung Candirejo sekadar dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk memancing. Lantas melihat potensi daya tariknya yang tinggi, embung ini juga akan dimanfaatkan sebagai sarana ekowisata dan konservasi air karena letaknya tidak terlalu jauh dari laboratorium alam lava bantal yang merupakan lapisan tanah jawa yang pertama kali terbentuk. 
Karena debit air di embung hanya 6 liter perdetik, maka air dari kali opak harus dinaikkan. Tetapi untuk menaikkan air ternyata menabrak situs lava bantal, jadi pembangunan embung sempat terhenti. Namun kini embung tegal tirto sudah dapat anda nikmati keindahannya.



Kedepan, lava bantal akan dijadikan kawasan wisata terpadu yang melibatkan tiga desa, yakni Jogotirto, Kalitirto dan Tegaltirto. Harapannya, setelah jadi kawasan wisata terpadu bisa membantu meningkatkan pendapatan masyarakat dan desa setempat.
Dapatkan paket menarik ini bersama DREAMGEDE Wisata Yogyakarta bersama keluarga juga sahabat. Info lebih jelas Hubungi kami :


BBM 5513A5A6
WA 081904169982
SMS 08156504380






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

INFO PEMASANGAN PANEL SURYA DI JOGJA, HARGA PEMASANGAN PLTS DI YOGYAKARTA, JASA PEMASANGAN PLTS PANEL SURYA SOLAR CELL DI YOGYAKARTA

JASA PEMASANGAN PANEL SURYA PLTS DI JOGJAKARTA, HARGA PANEL SURYA PLTS DI YOGYAKARTA MANFAAT PANEL SURYA PLTS UNTUK RUMAH TANGGA, INFO HARGA...